Mengerjakan LK 1.1 Identifikasi Masalah (PPG Daljab 2022)
Apa kabar sobat ramu, kali ini saya akan sedikit membahas terkait lembar kerja (LK) yang harus diselesaikan selama mengikuti PPG. Jadi selama proses pendalaman materi, maka mahasiswa pertama kali akan dihadapkan dengan LK 1.1 yang berisi identifikasi masalah.
Identifikasi masalah ini merupakan permasalahan-permasalahan yang sering ditemukan di sekolah, yang berkaitan dengan peserta didik maupun guru. Jenis permasalahan yang diangkat juga beragam, mulai dari permasalahan pedagogik, literasi, numerasi, permasalahan belajar siswa, materi HOTS dan beberapa lainnya.
Dari beberapa jenis permasalahan yang saya sebutkan di atas, maka nanti rekan-rekan mahasiswa PPG akan mengidentifikasi masalah, dan usahakan masalah yang rekan-rekan isikan di LK ini adalah masalah yang dialami di sekolah dan pada kolom berikutnya rekan-rekan akan diminta untuk menganalisis terkait identifikasi masalah tersebut.
Untuk analisis identifikasi masalah ini sebenarnya berisi uraian terkait identikasi masalah yang sudah diangkat, baik itu berupa gejala atau indikasi , penyebabnya , atau juga dampak kedepannya. Hal ini tergantung dari penjelasan Dosen yang membimbing pada LK ini, apakah analisis masalah memuat ketiga unsur tersebut atau hanya berupa gejala atau penyebabnya saja.
Setelah rekan-rekan mendownload LK 1.1 akan ada sekitar 6 jenis permasalahan yang ditampilkan pada LK tersebut. Berikut adalah 6 Jenis permasalahan yang ada di LK tersebut dan juga saya akan coba langsung mencontohkan identifikasi masalah beserta analisisnya. Dalam hal ini analisis identifikasi masalah yang saya tampilkan berupa gejala atau indikasi saja.
1. Jenis permasalahan : Pedagogik, literasi, numerasi
Identifikasi masalah : Motivasi belajar siswa yang rendah
Analisis identifikasi masalah :
- Siswa di kelas cenderung pasif
- Siswa tidak fokus pada saat guru menjelaskan
- Siswa tidak ada inisiatif menjawab pertanyaan dari guru
2. Jenis permasalahan : Kesulitan belajar siswa
Identifikasi masalah : Siswa masih ada yang kesulitan membaca
Analisis identifikasi masalah :
- Siswa masih terbata-bata pada saat membaca
- Siswa membutuhkan waktu yang lama dalam membaca
3. Jenis permasalahan : membangun relasi/hubungan dengan siswa dan orang tua siswa.
Identifikasi masalah : Koordinasi guru dan orang tua siswa masih terbatas
Analisis identifikasi masalah :
- Jarang melibatkan orang tua dalam memantau perkembangan siswa
- Orang tua tidak mengetahui perkembangan belajar putra putrinya
4.Jenis permasalahan : pemahaman/ pemanfaatan model-model pembelajaran inovatif berdasarkan karakteristik materi dan siswa.
Identifikasi masalah : Guru masih belum menguasai model-model pembelajaran inovatif
Analisis identifikasi masalah :
- Pembelajaran masih banyak berpusat pada guru (Teacher centered)
- Guru lebih banyak menggunakan metode ceramah
5. Jenis permasalahan : Materi terkait Literasi numerasi, Advanced material, miskonsepsi, HOTS.
Identifikasi masalah : Pembelajaran di kelas masih berbasis LOTS (Low Order Thinking Skills)
Analisis identifikasi masalah :
- Tujuan pembelajaran masih belum mencapai level C4 sampai C6
- Soal-soal evaluasi yang digunakan belum berbasis HOTS
6.Jenis permasalahan : pemanfaatan teknologi/inovasi dalam pembelajaran.
Identifikasi masalah : Guru belum maksimal menerapkan teknologi dalam proses pembelajaran
Analisis Indentifikasi masalah :
- Guru masih menggunakan media power point sederhana dalam pembelajaran
- Guru belum pernah menggunakan platform belajar yang berbasis TIK dalam pembelajaran, seperti google form, Quizizz, Schoology
0 Response to "Mengerjakan LK 1.1 Identifikasi Masalah (PPG Daljab 2022)"
Posting Komentar